Senin, 26 Okt 2020
Berita Kemenag Pusat - dibaca: 31 kali.

[ Reformasi Pembinaan Haji, Dirbina Haji : Pembinaan Jemaah Gunakan Sistem Klaster ]

Direktorat Bina Haji Kementerian Agama terus melakukan inovasi-inovasi dalam melaksanakan pembinaan kepada jemaah haji. Salah satu inovasi ya=ng dilakukan adalah melakukan reformasi sistem dan reformasi program pembinaan.

Direktur Bina Haji Khoirizi H. Dasir mengatakan reformasi pembinaan jemaah ini dilakukan melihat saat ini pembinaan selalu menggunakan manasik massal, sehingga sangat sulit dievaluasi.

“Melaksanakan apa seperti sekarang ini itu sangat sulit karena kita selalu menggunakan manasik secara massal yang ada di situ yang bisa ngaji ada di situ, yang enggak bisa ngaji ada di situ yang pintar ada di situ yang enggak ada di situ kita sangat sulit melakukan evaluasi,” kata Khoirizi saat Webinar Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) secara virtual yang digagas Subdit Advokasi Haji Ditbina Haji. Sabtu (24/10).

Untuk itu, kata Khoirizi, pihaknya melakukan reformasi sistem dan reformasi program. Ia melihat saat ini sistem pembinaan menasik haji masih belum terpola dengan baik, sehingga KUA dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) saling berebut melaksanakan bimbingan manasik.

“Kita melakukan reformasi, reformasi sistem dan reformasi secara program, secara sistem banyak sistem manasik yang gak terpola, satu sisi UU mengamanahkan pembinaan manasik itu kepada KBIHU, tapi disisi lain KUA juga melaksanakan manasik padahal jemaahnya itu-itu juga lalu bagimna sekarang?,” tanya Khoirizi.

Ia berharap, KUA kedepannya tidak hanya sebagai operator manasik tapi juga bertindak sebagai koordinator yang dibawahnya ada KBIHU, tenaga sertifikasi, alumni petugas haji, penyuluh, tokoh masyarakat dan Kyai sehingga bisa mngendalikan, me-manage, dan mengawasi para pemangku kepentingan di kecamatan. Begitu juga sengam KBIHU, KBIHU juga diminta untuk berkoordinasi dengan KUA dalam setiap melaksanakan bimbingan manasiknya.

“KUA harus bersinergi untuk melaksanakan manasik jni dengan satu tujuan dalam rangka memandirikan jemaah yang memiliki ketahanan itu adalah amanat undang-undang,” terangnya.

“Jika hubungan baik itu sudah terbangun, tidak akan ada lagi rebutan jemaah antara KUA dengan KBIHU, begitu juga sebaliknya KBIHU jangan berdiri sendiri seakan-akan tidak ada yang mengkoordinir, begitu KBIH melaksanakan manasik KUA tidak pernah diberitahu,” ujar Khoirizi.

Kalau itu sudah dibangun, lanjut Khoirizi, maka sistem manasik akan otomatis tersistem, Ia juga meminta pembinaan manasik dibuat sistem klaster, jemaah haji yang pengetahuan ibadah hajinya masih dasar tidak digabung manasiknya dengan jemaah haji yang pengetahuan manasik yang sudah ahli, sehingga nantinya pembinaan tersebut bisa dievaluasi dan dipetakan. 

“Kalau itu sudah dibangun sejak awal maka sistem manasik kita tersistem. Maka dari itu ada sistem pengklasteran, ini jemaah yang mengajinya berbata-bata dan ada yang sudah bisa ngaji, ini klaster yang pendidikannya SMP kebawah, dan yang satunya lagi klaster SMA keatas, ini klasternya jemaah haji muda dan klaster jemaah haji orang tua. Ketika itu kita klasterkan itu bisa kita evaluasi dan bisa dipetakan, masa 9 bulan cukup kita lakukan evaluasi dan pembinaan,” tandasnya.

 

Sumber : https://haji.kemenag.go.id/


Bagikan Berita ini

 




Stylish Tabbed Navigation Demo

» Kakanwil Lantik Anton Jadi Kakankemenag Belu dan Herman Jadi Kakankemenag Sikka.
» Kakanwil, Laksanakan Pesan Presiden Dalam Mengelola DIPA!.
» Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama dan Libur Akhir Tahun 2020 Pertimbangkan Lonjakan Kasus Covid-19.
» DPR dan Kemenag Mulai Bahas Persiapan Operasional Haji 2021.
» Bantuan Jutaan Paket Data Internet PJJ Madrasah Mulai Disalurkan.
» Sapa Guru dan Siswa Madrasah di Ende, Dirjen Pendis Diskusi Pancasila.
» Kasubag PDI, Alhamdulillah ! Total Pagu NTT tidak terdapat Blokir, Cermati Beda 2020 dan 2021.
» Menag Harap Lembaga Pendidikan Ajarkan Islam yang Toleran.
» Bagian Persiapan dan Mitigasi Haji, Kemenag Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik.
» Menag: Jangan Ada ASN Kemenag Miliki Sikap Berbeda dengan Pemerintah.

» Kiat Menumbuhkan Kasih Sayang.
» Syekh Ali Jum`ah: Rasulullah Tidak Memerintahkan Kita Mendirikan Khilafah untuk Kedua Kalinya.
» Kisah Orang Badui Lari dari Shalat Jamaah Karena Imamnya Kelamaan.
» Sejarah Awal Mula Adzan.
» Sebelum Dibayar, Hutang Dibawa Mati.
» Puasa Arafah Penghapus Dosa.
» Larangan Membocorkan Rahasia.
» Ini Amalan yang Paling Dicintai Allah.
» Peringatan Rasul terhadap Orang yang Shalat Terburu-Buru.
» Mukmin Adalah Orang yang Ramah.

Layanan HAJI
» Pendaftaran Haji
» Penundaan Berangkat Haji
» Percepatan Berangkat Haji
» Penggabungan Mahram dan Pendamping Haji
» Pembatalan Berangkat Haji
» Penyewaan Gedung Asrama Haji
» Cek Estimasi Keberangkatan.

Layanan Bimas Islam
» Rekomendasi Nikah
» Pendaftaran Nikah
» Akad Nikah
» Pencatatan Nikah
» Penerbitan Duplikat Akta Nikah
» Legalisasi Duplikat Akta Nikah
» RUJUK
» Rekomendasi Pendirian Masjid
» Rekomendasi Bantuan Rehabilitasi Masjid/ Musala