Rabu, 15 Jan 2020 - 08:18:50 WIB
Berita Kategori: Haji - Dibaca: 40 kali.

[ Nizar : 5-7 Tahun Kedepan PLHUT Terbangun Se Indonesia ]

Kupang, be Master News (Bidang Haji dan Bimas Islam) - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar mengatakan bahwa Nizar mengapresiasi pencapaian yang dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur sehingga bisa selesai tepat waktu dalam menyelesaikan pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

Beberapa solusi bagaimana permasalahan tanah diselesaikan dalam melakukan pembangunan PLHUT. "syaratnya tanah atas nama Kementerian Agama, terkait dengan persyaratan aset. pembangunan asrama haji pun harus atas nama kementerian agama,” ucap Nizar.

Bagi PLHUT yang masih terkendala akan tanah, caranya dengan melakukan sounding ke Pemda. contohnya di Indramayu ada luas 11 hektar tanah di hibahkan untuk Kemenag, ujarnya.

Solusi lainnya, contoh di Banyumas, ada tanah/rumah dinas Kankemenag dihapuskan. ajukan ke Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, lalu dibangun PLHUT, kata Nizar.

“Bisa juga dilakukan dengan pihak ketiga, hibah masyarakat dan lain-lain. yang penting atas namanya kementerian agama," tambahnya.

"Bagi PLHUT jika lewat masa pembangunan, lebih dari 31 Desember, maka 2 tahun berikutnya tidak bisa mengikuti program pembangunan, jadi harus tepat waktu. Semoga 5-7 tahun kemudian PLHUT sudah tersebar di seluruh Indonesia," ucap Nizar.

Selain itu Nizar juga menjelaskan tata cara pengaturan anggaran terkait dengan perluasan tanah PLHUT yang dilakukan di Kabupaten Malang. "Karena di Malang ada perluasan lahan PLHUT, kalau tanah lebih besar, anggaran juga harus berbeda karena ada cost per meter kan? jadi itu perlu dipertimbangkan."

Demikian yang disampaikan Direktur Jederal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar pada saat meresmikan empat gedung PLHUT antara lain Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, Kemenag Kab. Sidoarjo, Kemenag Kab.Tuban, dan Kemenag Kab. Jember pada Senin (13/01).

Turut mendampingi Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Jamal, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang Musta`in, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo Achmad Rofi`i, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban Sahid, dan Kepala Kantor KemenagKabupaten Jember Busthami.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kankemenag Kabupaten Malang Musta`in yang mewakili Kankemenag Kabupaten Sidoatjo, Kankemenag Kabupaten Tuban dan Kankemenag Kabupaten Jember mengatakan, "ini saat yang benar-benar kami tunggu, alhamdulillah, akhirnya peresmian PLHUT dapat dilakukan di tempat kami. saya mewakilkan dari 3 kabupaten. mulai dari anggaran Tuban sebesar 1.8 m sekian. terendah kedua malang sebesar, 2,030 milyar. urutan 3 sidoarjo, 2,057 milyar. dan urutan 4 jember sebesar 2.616 milyar." Ujar Pak Musta`in.

"Pembangunan telah dilaksanakan, berproses, dan selesai tepat waktu. perlu di klarifikasi, kami tidak menolak pembangunan PLHUT, kami hanya mengubah layout PLHUT dari yang awalnya di depan menjadi di belakang. tanah pun kami luaskan dengan tambahan 26m." tambah Musta`in.

"jumlah pendaftar di kami tidak kurang dari 400 jemaah. oleh karena itu ada 7 bank kerjasama dengan kemenag, kami tempatkan di kantor haji kami. alhamdulillah sekarang jemaah haji kami yang ingin mendaftar haji, tinggal bawa uang kesini tidak usah kemana mana, bank ada 7 di dalam tinggal pilih, transaksi disitu. setelah selesai, jemaah tinggal ke PLHUT untuk mengurus sisanya, kurang lebih setengah jam Jemaah Haji selesai melakukan pendaftaran. jadi alurnya dari perbankan, lalu ke PLHUT," ucapnya.

"Kami berterima kasih, saya mewakili kabupaten malang, jember, tuban, dan sidoarjo akan memanfaatkan sebaik mungkin," tutupnya.

 

Sumber : https://haji.kemenag.go.id/


Bagikan Berita ini